Versi MT4 EA FXSWMC288

Pengguna : Halo apa ada versi MT4 ea fxswmc288???



Mister Andika : Terkait hal tersebut itu perlu diperhatikan bahwasanya ea fxswmc288 adalah ea bertipe korelasi yang kalkulasinya tidak pada satu pair saja melainkan multi pair dimana untuk menghasilkan signal maka ea fxswmc288 mengkalkulasi setiap pair yang berkorelasi atau berhubungan. 

sebagai contoh pada ea non korelasi :
Pada ea ini misalnya trading di pair EURUSD, maka ea berjenis non korelasi hanya akan memperhatikan atau mengkalkulasikan pair EURUSD saja.

contoh pada ea korelasi :
misalnya trading di pair EURUSD, maka ea berjenis korelasi akan memperhatikan atau mengkalkulasikan pair tidak hanya EURUSD saja, melainkan ea jenis ini juga memperhatikan pair lainnya yang berkorelasi/berhubungan dengan pair EURUSD.

Ciri- ciri ea korelasi :
  1. Tidak bisa dilakukan backtesting di MT4, karena MT4 terbatas hanya Single Pair, tidak bisa multi pair.
  2. Hanya bisa dilakukan backtest di MT5 mode visual (optimization Disable). Karena hanya mode visuallah yang bisa melakukan backtest strategi korelasi multi pair.


Jika Optimization tidak disabled maka ea yang benaran korelasi tidak akan menghasilkan open trade atau tidak akan buka posisi karena seperti yang saya bilang sebelumnya ea berjenis korelasi ikut menghitung pair yang saling berhubungan, sementara pada optimization enable hanya bisa mengkalkulasi pada 1 pair saja. Perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya mengenal ea berjenis korelasi.


Karena hal tersebut diatas maka versi MT4 ea fxswmc288 tidak tersedia untuk saat ini. Ada beberapa pertimbangan yang membuat saya berfikir untuk tidak membuatnya dalam versi MT4 yakni :
1. MT4 tidak bisa melakukan backtesting Multi Pair.
2. MT4 hanya menggunakan single core CPU yang membuatnya tentu akan bekerja sangat lambat sekali jika mengkalkulasi 28 pair pada saat bersamaan. Berbeda dengan MT5 yang menggunakan multi core CPU tentunya perhitungan menjadi lebih cepat ketimbang MT4.

Namun begitu tidak menutup kemungkinan kedepannya saya akan porting ea fxswmc288 ke mt4 ketika diperlukan dimana banyak orang-orang yang menginginkan versi mt4 nya dan tentunya yang paham atau tidak masalah akan kekurangan MT4 terhadap ea korelasi.

Comments

Popular Posts